Promosi

Sistem Kerja Internet


memahami bagaimana cara kerja internet yang berjarak ribuan mil dari pusat data google untuk menjangkau anda. Pusat data adalah merupakan tempat penyimpanan seperti video atau tulisan yang sering anda lihat  seperti Youtube.com, Instagram, Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya yang berada jauh dari jangkauan anda.
Cara data sampai ke ponsel atau laptop anda dengan mudah adalah dengan cara dari pusat data mengirim sinyal ke satellite melalui antena kemudian dikirim ke antena yang berada dekat dengan anda, namun cara transmisi ini bukan ide yang baik mengapa ?

SATELLITE
Satellite terpasang hampir 2.200 miles dari garis khatulistiwa bumi jadi agar pengiriman data berhasil,  data harus tempuh jarak 4.400 miles. jarak yang begitu jauh menyebabkan penundaan yang signifikan  dalam menerima signal, lebih khusus akan menyebabkan lisensi besar yang tidak dapat diterima sebagian besar aplikasi internet. jadi jika tulisan ini tidak menjangkau anda melalui satellite lalu bagaimana sebenarnya ia sampai kepada anda.


KABEL OPTIK
Jaringan kabel serat optik  penghubung dari pusat data anda, ponsel anda dapat terhubung ke internet melalui data seluler atau rotter wifi (merk apapun), tetapi sampai akhirnya ponsel anda terhubung pada kabel serat optik. Transfer data dari pusat data khususnya pada ponsel anda melalui kabel serat optik seperti :

  1. Alamat IP yang di identifikasi dengan serangkaian angka unik yang bertindak sebagai tempat alamat pengiriman tempat informasi mencapai tujuannya mengirim IP perangkat anda Normalnya, untuk mengakses internet anda perlu mengetik kan IP Address sebuah website namun cara ini cukup merepotkan. artinya Anda perlu punya daftar lengkap IP Address website yang dikunjungi dan masuk secara manual.
  2. Server data pusat juga memiliki alamat IP server untuk menyimpan situs web sehingga anda dapat mengakses situs apapun dengan hanya tau alamat IP server. Namun sulit bagi seorang untuk mengingat angka yang begitu banyak alamat IP maka untuk mengatasi maka Misalkan, Anda ingin mengakses Google. Alih-alih menulis 172.217.0.142 ke dalam address bar, Anda tinggal memasukkan alamat Google.com.;
  3. DNS  domain Name Server atau DNS adalah sebuah sistem yang menghubungkan Uniform Resource Locator (URL) dengan Internet Protocol Address (IP Address). Sistem yang meringkas pekerjaan ini untuk Anda. Kini, Anda tinggal mengingat nama domain dan masuk dalam address bar. DNS kemudian akan menerjemahkan domain tersebut ke dalam IP Address yang komputer pahami.
  4. Domain seperti Facebook.com Youtube.com amazon.com paypal.com dan lain-lain yang sesuai alamat IP yang mudah diingat daripada angka yang panjang. 
  5. Server dapat menyimpan beberapa situs web dengan alamat IP yang sama sehingga tidak dapat diakses dengan alamat IP server sehingga untuk mengatasi itu dibutuhkan header house untuk hal tersebut untuk identifikasi situs secara unik

TRANSFER DATA
Transfer data kumpulan yang dikirimkan kepada anda 0 dan 1 terbagi dengan potongan-potongan yang dikenal sebagai paket, setiap paket terdiri dari 6 bit. Seiring dengan potongan-potongan video, setiap paket juga terdiri dari nomor urut,dan alamat IP server dalam telpon anda.
Dengan informasi ini paket diarahkan ke ponsel anda. Tidak perlu semua paket diarahkan dengan jalur yang sama dan setiap paket mengambil rote yang terbaik tersedia saat itu.
Setelah mencapai ponsel anda paket-paket tersebut  disusun kembali sesuai dengan nomor urutannya, jika paket gagal mencapai ponsel anda pemberitahuan dikirim dari ponsel anda untuk mengirim ulang paket yang hilang.

ANALISA JARINGAN
bayangkan surat dari kantor pos yang dikirimkan hilang nomor rumah, hilang pin code, hilang name lane maka surat tidak akan sampai kerumah anda, begitu pula dengan internet.

sekian sampai disini untuk edukasi mengenai jaringan internet semoga dengan pengetahuan ini menambah wawasan dan pengetahuan anda

Belum ada Komentar untuk "Sistem Kerja Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel